Wayang Orang Sriwedari Kota Wisata Solo

Wayang orang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang sampai saat ini masih dilestarikan keberadaannya. Wayang orang berbeda dengan wayang kulit. Kalau biasanya wayang kulit dimainkan dengan menggunakan boneka-boneka yang terbuat dari bahan kulit kerbau, berbeda dengan wayang orang yang digelar dengan menampilkan manusia sebagai pengganti wayang tersebut. Para pemain wayang ini biasanya menggunakan aksesoris yang mirip dengan wayang kulit dan untuk menambah kesan menarik biasanya para wayang orang ini melukis wajah mereka agar mirip dengan parah tokoh perwayangan wayang kulit.  Disolo kita bisa menemukan tempat khusus untuk menonton Wayang Orang yang sangat terkenal hingga luar daerah Solo,  taman Sriwedari adalah tempatnya. Wayang orang Taman Sriwedari biasanya dipentaskan setiap hari kecuali pada hari Minggu pada pukul 8 malam sampai selesai. Gedung Wayang Orang Sriwedari ini berada di komplek Taman Hiburan Rakyat. Penonton wayang orang ini berasal dari berbagai usia mulai dari anak kecil, anak muda, dan orang dewasa walaupun dominannya berisikan orang dewasa.Bahkan tidak jarang banyak turis mancanegara yang ikut menyaksikan pertunjukan Wayang Orang ini, meskipun pertunjukan ini disajikan dengan menggunakan bahasa jawa tetapi indah dan lincahnya gerakan penarinya membuat kita betah menyaksikan pertunjukan ini hingga usai,

Bagian-bagian yang sangat ditunggu-tunggu penonton biasanya adalah ketika kelompok Punakawan yang terdiri dari Bagong, Petruk, dan Gareng dengan lelucon khas mereka yang membuat para penonton tertawa, penampilan mereka ini adalah sebagai pelengkap agar lakon yang dibawakan tidak terasa berat di hadapan penonton. Para pemain wayang orang Sriwedari ini memiliki kemampuan menari diatas rata rata walaupun mereka pegawai negeri sipil yang berdinas di Pemkot Solo yang memang bertugas secara khusus untuk menari dan tampil di pertunjukan wayang orang, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kota Solo untuk melestarikan pertunjukan Wayang Orang Sriwedari.  Hanya dengan tiket masuk mulai Rp 5.000 sampai dengan yang termahal Rp 10.000 anda sudah bisa menyaksikan pertunjukan ini di Gedung yang cukup sederhana, bersih dan  ber AC .

WisataSolo menyediakan sewa mobil di Solo dan menemani anda menjelajahi kekayaan tradisi, budaya, batik dan alam Solo raya, mari ke Solo  bersama Wisatsolo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *