Wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri

Wonogiri terletak di Selatan kota Solo membutuhkan waktu tempuh kurang lebih satu jam dari Solo, selain dikenal sebagai kotanya juragan Bakso dan Mie Ayam, Wonigiri juga memiliki  waduk yang bisa di pilih sebagai alternatif wisata yaitu Waduk Gajah Mungkur. Waduk ini terletak di sebelah selatan kota Kabupaten wonogiri, jaraknya sekitar 3 Km dari pusat kota. Waduk Gajah Mungkur ini mulai dibangun pada tahun 1970 dan mulai beroperasi pada tahun 1978. Waduk ini disebut sebagai waduk multiguna, hal ini dikarenakan waduk ini memiliki banyak fungsi selain sebagai sarana irigasi sawah, yaitu sebagai karamba yang di kelola untuk memberdayakan ikan, lalu sebagai aliran sumber energi dan PLTA di Kabupaten Wonogiri lalu yang terakhir waduk ini dijadikan sebagai sarana wisata air oleh pemerintah setempat.

Saat memasuki waduk Gajah Mungkur, akan terlihat patung Bedol Desa tepat di depan pintu masuk menuju area waduk. Objek wisata yang satu ini sangat elok bila dinikmati dari jarak dekat. Banyak fasilitas yang disediakan pemerintah di waduk ini. Ada perahu boat yang disediakan untuk mengelilingi dan menjelajah area waduk. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati olahraga gantung atau sering disebut gantole sehingga para pengunjung dapat berolahraga sambil menikmati keindahan waduk Gajah Mungkur. Ketika musim kemarau maka air waduk menyusut dan kering, hal ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk menanam tanaman musiman. Bagi mereka yang suka memancing, disediakan juga arena pemancingan. Selain itu di sekitaran area waduk akan terlihat lapangan yang sangat luas dimana ada panggung terbuka untuk melakukan pertunjukkan musik. Di beberapa bagian tampak juga toko-toko cinderamata, pedagang kaki lima yang menawarkan makanan-makanan, warung makanan, dan juga resto yang menawarkan makanan khas Jawa Tengah. Waduk ini juga dimanfaatkan masyarakat lokal sebagai mata pencaharian sebagai nelayan. Maka tidak heran bila di sekitaran waduk terdapat banyak kapal nelayan yang bilang tidak sedang dioperasikan. Di sekitar waduk banyak diketemukan karamba budidaya ikan nila yang bisa dikunjungi dengan menggunakan perahu atau boat wisata, di sekitar karamba bisa disaksikan gerombolan ikan patin liar yang melompat melompat seolah olah menyambut pengunjung yang sedang berwisata. Ikan Nila bakar, wader goreng merupakan sajian khas sekitar waduk yang mudah di ketemukan.

Akses ke waduk tergolong mudah melewati jalan berkelok berkelok dan suasana pertanian yang hijau, rental wisatasolo menyediakan sewa mobil dengan harga terbaik untuk menuju waduk ini, mari ke Solo bersama Wisatasolo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *