es kapal

Es Kapal Solo Kuliner Khas Kota Solo

Kota Solo selain terkenal akan batik, warisan sejarah berupa keraton dan budayanya juga terkenal akan beragam kulinernya. Mulai dari kuliner yang mengenyangkan perut alias makanan berat, minuman khas, hingga camilan yang memanjakan lidah. Nah, soal minuman kota Solo memiliki minuman khas yang sangat asik jika di konsumsi saat siang hari bernama es Kapal Solo. Minuman satu ini termasuk minuman tradisional yang harganya murah. Kamu bisa menemukan para penjual es Kapal di sekitaran jalan Slamet Riyadi tepatnya di taman Sriwedari.

Minuman satu ini namanya saja sudah unik yaitu es kapal. Tapi dinamakan es kapal bukan karena penyajiannya yang menyerupai kapal. Disebut es Kapal karena para penjual es ini menggunakan gerobak kapal ketika berjualan. Gerobak kapal yang digunakan adalah gerobak dengan sisi lancip menyerupai kapal, selain ciri khas tersebut roti tawar yang dicelupkan di paling atas es bentuknya menyerupai layar kapal. Rasa es kapal ini adalah gurih yang berasal dari santan bercampur rasa manis, lalu ada sedikit rasa asam yang berasal dari tape yang berpadu hingga menghasilkan rasa minuman yang cukup lezat.

Kuliner ini dulunya hits sekali di tahun 1980, proses pembuatan esk kapal Solo juga cukup mudah dan masih menggunakan cara yang juga tradisional. Yaitu es batu yang diserut kemudian dicampur dengan santan, gula, tape lalu tinggal ditambah roti tawar di atasnya. Yang terakhir, kamu bisa memilih variasi toping cairan rasa di atas es ini seperti cokelat, pandan, dan frambozen. Soal rasa-rasa ini juga dibuat menggunakan bahan alami seperti cokelat yang berasal dari cokelat bubuk dan gula pasir yang dimasak, rasa pandan berasal dari rebusan daun pandan yang dicampur gula pasir dan pasta pandan. Lalu rasa frambozen dibuat dari gula pasir yang dimasak kemudian dicampur dengan sirup frambozen.

Salah satu penjual es Kapal Solo yang masih bertahan adalah es kapal Baron, yang lokasinya ada di Jalan Dokter Rajiman Laweyan.  Sewa mobil Solo WisataSolo.ID 0818186285 menyediakan sewa mobil murah di Solo yang akan membawa anda mengunjungi aneka destinasi menarik di Solo.