umbul cokro

Menikmati Kesegaran Umbul Cokro Tulung Klaten

Jika berkunjung ke Solo dan mendapati cuacanya yang semakin panas, tak ada salahnya menyempatkan untuk mampir sejenak melepas rasa gerah dengan mencoba pemandian kolam alam di Umbul Cokro dan menikmati kesegaran airnya. Umbul ini terletak di desa Cokro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Untuk mencapai lokasi wisata ini sebenarnya tidak sulit, apalagi dengan menggunakan armada sewa mobil Solo WisataSolo.ID 0818155010. Tahukah anda bahwa salah satu pabrik air minum dalam kemasan yang terkenal juga mengambil bahan baku airnya dari sini. 

Umbul atau pemandian mata air yang berada di Cokro ini sejatinya berupa sungai yang tidak terlalu lebar namum memiliki air yang sangat jernih sebening kaca. Saat ini, fasilitas di pemandian sudah dilengkapi dengan taman air lengkap dengan permainan prosotan yang berkelok. Bagi pengunjung yang mengajak anak-anak untuk berlibur ke objek wisata ini tak perlu khawatir karena tersedia kolam renang dengan kedalaman beragam. Perosotannya pun terbilang cukup nyaman dan aman bagi anak-anak. Meskipun begitu, wahana permainan air disana bisa juga dinikmati oleh orang dewasa. Sumber utama umbul Cokro berada di ketinggian lebih rendah dibanding kolam renang dan taman air. Di sekitar umbul, berdiri kokoh pohon-pohon besar yang rindang, sehingga menambah suasana sejuk disekitar mata air. Karena udara yang menjadi sejuk, area dibawah pohon banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekedar duduk dan bersantai menikmati suasana. Untuk menuju area wisata, pengunjung harus berjalan nemapaki jembatan gantung mengingat bahwa area parkiran dengan lokasi umbul terpisah sebuah sungai. Pengunjung harus tetap waspada ketika melintasi jembatan gantung ini demi keselamatan. Perhatikan tekanan langkah dan jumlah penteberang. 

Selain menjadi wisata pemandian, aliran sungai dari umbul Cokro ini juga dimanfaatkan untuk kepentingan irigasi oleh warga sekitar. Bahkan mata air Cokro ini masih dipergunakan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai sumber air minum. Pemandian Umbul Cokro buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar tarif sebesar Rp.10.000,- per orang. Fasilitas yang didapat antara lain waterboom, flying fox, dan Water Sliding.  Untuk menuju ke Umbul Cokro anda bisa menggunakan armada mobil dari Rental  Mobil Solo WisataSolo.ID 0818155010 sewa mobil terbaik di Solo raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *