kelezatan kuliner solo

Tengkleng Kelezatan Wisata Kuliner Solo

Kelezatan kuliner Solo Salah satu kuliner berbahan dasar kambing yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke kota Solo adalah Tengkleng. Kuliner tengkleng adalah olahan daging kambing  dengan tambahan jeroan kambing dan tulang-tulang serta iga kambing. Banyak yang mengira tengkleng sama dengan gule  kambing padahal berbeda karena tengkleng memiliki kuah yang tidak sekental masakan gule kambing. Nah bagi anda yang menyukai sup kambing dengan kuah yang agak kental maka tenkleng adalah jawabannya. Dahulu kala tengkleng adalah makanan untuk rakyat miskin yang tidak mampu makan daging kambing ataupun sate kambing karena harganya yang tidak bisa dijangkau rakyat miskin. Dahulu juga tengkleng ini berbahan dasar tulang kambing yang dibeberapa bagiannya masih menempel sedikit daging kambing, meski kini tengkleng telah naik kelas dengan tambahan iga dan jeroan kambing.  

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan tenkleng adalah daging kambing muda, iga kambing, jeroan kambing, air, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, jahe, dan minyak untuk menumis. Bumbu halus yang digunakan untuk memasak tengkleng adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, kunyit, lada, garam, dan gula.

Ada beberapa tempat makan tengkleng yang terkenal di Solo yang bisa anda cicipi ketika berkunjung ke Solo.

  • Warung tengkleng Mbak Diah, warung tengkleng ini berlokasi di Kwarasan Grogol Sukoharho Solo. Jangan datang ke warung ini ketika jam makan siang karena anda akan mengantri untuk mendapatkan meja saja. Di warung ini anda bisa memilih tengkleng dengan pilihan bagian daging yang ingin anda santap seperti bagian pipi, telinga, ataupun lidah. Tengkleng disini disajikan dengan nasi, acar, dan sambal. Kalau datang ke Solo anda tidak boleh melewatkan tempat ini untuk berwisata kuliner dengan olahan kambing.
  • Warung tengkleng Bu Edi, warung ini berada di sisi utara gapura pasar Klewer. Warung ini tidak memiliki papan nama atau spanduk, ini karena pemiliknya memang mengutamakan kesederhanaan. Tapi jangan khawatir anda kesusahan untuk menemukan tempat ini karena ketika di Pasar Klewer dan anda menemukan warung dengan antrean panjang sudah pasti itu adalah warung tengkleng Bu Edi. Warung ini biasanya buka dari jam 2 siang. Hanya dalam 2 sampai tiga jam tengkleng disini sudah habis terjual jadi bila ingin mencicipinya anda harus lebih cepat datang ke tempat ini jika tidak ingin kehabisan. Disini anda juga bisa memilih bagian-bagian daging yang akan anda santap.
  • Tengkleng Bu Pon, warung ini berlokasi di Jalan Kapten Mulyadi, Selter Beteng Ketandan di sekitaran BTS. Warung ini buka pada jam 8 pagi hingga 2 siang. Tengkleng disini kuahnya sangat segar dan disajikan dengan cabe rawit utuh.
  • Tengkleng Pak Manto, berlokasi di Jl. Hanggowongso. Bentuk warung ini cukup sederhana tapi banyak yang mengatakan bahwa atlet-atlet sepak bola sering mampir ke warung ini untuk makan tengkleng sebagai penambah stamina sebelum pertandingan. Tengkleng disini iganya sangat lembut dengan porsi yang besar. Dan rasa tengkleng disini sedikit asin dan pedas.
  • Warung Sate Bu Haji Bejo di Loji Wetan, disini tengkleng masaknya juara, tengkleng masak adalah tengkleng yang di masak ulang dengan tambahan bumbu dan disajikan dengan sedikit kuah. Rasanya epic menurut bahasa kekinian.

Dan masih banyak tempat di Solo yang menyediakan menu Tengkleng Kambing ini, yang masing masing memiliki rasa khas yang lezat.

Selain tengkleng kambing ini, ada juga Sate Buntel yang tidak kalah enaknya dengan tengkleng loh!

Mari ber wisata kuliner ke Solo bersama Wisata Solo. Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo dan mengajak anda berpetualan di Solo menikmati kekayaan kuliner Solo.

 

Tag: #Kuliner #wisataSolo #KhasSolo #Tengkleng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *